Pengertian Penangkal Petir dan Cara Kerjanya

Penangkal petir adalah perangkat yang digunakan untuk menyalurkan listrik dari petir ke tanah.
Penangkal petir diperlukan agar aliran listrik dari petir bisa ‘dijinakkan’ sehingga tidak membahayakan struktur atau makhluk hidup.

Penangkal petir secara luas digunakan di seluruh dunia sebagai sistem perlindungan petir.
Penangkal petir dianggap efektif karena mengurangi kerugian terkait kebakaran dan kerusakan struktural akibat sambaran petir.

Alat ini umumnya terbuat dari logam, idealnya logam yang sangat konduktif seperti tembaga.
Ketika petir menyambar logam tersebut, listrik akan disalurkan melalui kawat/kabel tembaga menuju ke tanah (grounding).

Penangkal petir bekerja dengan mengalihkan listrik dari struktur bangunan yang rentan. Itu sebabnya kenapa alat ini lazim dipasang di atap bangunan.

Penangkal petir harus dihubungkan dengan kabel tembaga yang akan langsung menyalurkan energi listrik ke tanah, alih-alih merambat melalui kabel telepon atau listrik yang bisa memicu kebakaran.

Penangkal Petir EF System

Penangkal Petir EF merupakan sebuah alat  Penangkal Petir EF yang dipakai sebagai jalan bagi petir menuju ke permukaan bumi (earthing / ground), dengan alat  Penangkal Petir EF ini, diharapkan petir tidak merusak benda-benda yang dilewatinya. Ada 3 bagian utama pada alat  Penangkal Petir EF : Batang  Penangkal Petir EF konvensional atau batang  Penangkal Petir EF radius ( Penangkal Petir EF kurn,  Penangkal Petir EF current,  Penangkal Petir EF thomas,  Penangkal Petir EF UFO,  Penangkal Petir EF nimbus,  Penangkal Petir EF EF,  Penangkal Petir EF prevectron,  Penangkal Petir EF helita pulsar,  Penangkal Petir EF stormaster,  Penangkal Petir EF gent,  Penangkal Petir EF guardian,  Penangkal Petir EF viking ), kabel konduktor & tempat pembumian (earthing / grounding).

Batang  Penangkal Petir EF Konvensional adalah batang tembaga  Penangkal Petir EF konvensional yang ujungnya runcing. Batang  Penangkal Petir EF konvensional ini dibuat runcing karena muatan listrik mempunyai sifat mudah berkumpul dan lepas pada ujung logam yang runcing  Penangkal Petir EF konvensional itu. Sehingga dapat memperlancar proses tarik menarik dengan muatan listrik yang ada di awan. Batang runcing  Penangkal Petir EF konvensional ini dipasang pada bagian puncak suatu bangunan / gedung.

Batang  Penangkal Petir EF Radius adalah sebuah terminal unit  Penangkal Petir EF yang bisa menyebarkan elektrostatis dan  Penangkal Petir EF sangat tergantung pada posisi penempatannya dari atas bangunan, semakin tinggi letak posisi terminal  Penangkal Petir EF radius maka akan menghasilkan jarak perlindungan yang semakin besar. Selain itu intensitas petir (curah petir tahunan) di sebuah wilayah juga dapat mempengaruhi radius proteksi terminal unit  Penangkal Petir EF radius tersebut. Bila sebuah wilayah memiliki intensitas sambaran petir yang sangat tinggi misalnya di daerah pegunungan atau daerah berbukit maka standart kinerja  Penangkal Petir EF radius atau proteksi terminal unit  Penangkal Petir EF harus di nilai 85% dari kinerja optimal, karena perlu waktu singkat (jeda pendek) untuk mengisi ulang kapasitor.

Cara Kerja  Penangkal Petir EF
Pada saat muatan listrik negatif di bagian bawah awan sudah tercukupi, maka muatan listrik positif di tanah (bumi) akan segera tertarik keatas. Muatan listrik itu kemudian segera merambat naik melalui kabel konduktor  Penangkal Petir EF, menuju ke ujung batang  Penangkal Petir EF konvensional atau batang  Penangkal Petir EF radius. Pada saat muatan listrik negatif berada cukup dekat di atas atap, daya tarik menarik antara kedua muatan semakin kuat, muatan positif di ujung-ujung  Penangkal Petir EF tertarik ke arah muatan negatif. Pertemuan kedua muatan menghasilkan aliran listrik. Aliran listrik itu akan mengalir ke dalam tanah melalui kabel konduktor / kabel  Penangkal Petir EF, melalui kabel konduktor  Penangkal Petir EF / kabel bc  Penangkal Petir EF, sehingga sambaran petir tidak mengenai bangunan / gedung. Tetapi sambaran petir dapat merambat ke dalam bangunan melalui kawat jaringan listrik dan bahayanya dapat merusak alat-alat elektronik di bangunan yang terhubung ke jaringan listrik itu, selain itu juga dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan. Untuk mencegah kerusakan akibat jaringan listrik tersambar petir, biasanya di dalam bangunan dipasangi alat  Penangkal Petir EF internal yang disebut penstabil arus listrik (surge arrestor)  Penangkal Petir EF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.